Senin, 29 Agustus 2016

Tinggalkan China dan Rusia, AS Melangkah ke Pesawat Generasi Selanjutnya

Di saat China belum sepenuhnya selesai membangun jet tempur generasi kelima J-20 dan J-31 serta Rusia yang juga masih tertatih-tatih merampungkan jet temput T-50 PAK-FA, Amerika telah memulai program pembangunan pesawat generasi berikutnya.


Setelah berupaya selama setahun yang mengekplorasi taktik dan teknologi yang dibutuhkan untuk mengontrol langit di masa depan, Angkatan Udara Amerika Serikat mengambil langkah pertama menuju pembangunan jet tempur generasi berikutnya.
Layanan memulai pekerjaan awal menjelang 2017 guna melakukan analisis alternatif yang akan membentuk persyaratan dan strategi yang Angkatan Udara menyebutnya sebagai Next Generation Air Domination (NGAD) atau Penetrating Counter Air (PCA).
Brig. Jenderal Alexus Grynkewich, yang memimpin Air Superiority 2030 enterprise capability collaboration team (ECCT), menekankan bahwa ada dua perbedaan utama antara upaya NGAD dengan jet tempur lama. Yang pertama adalah metode yang relatif cepat untuk memperolehnya.
“Kita perlu memiliki sesuatu pada 2020-an,” katanya dalam sebuah wawancara dengan Defense News Minggu 29 Agustus 2016.
“Saya pikir waktu yang realistis adalah sekitar 2028 dengan investasi dalam beberapa bidang teknologi kunci, Anda akan bisa memiliki beberapa kemampuan operasional awal dari kemampuan menembus udara kontra.”
Perbedaan kedua berkaitan dengan kesimpulan studi Air Superiority 2030, yang menyatakan bahwa dominasi Angkatan Udara di masa depan tidak akan ditekankan pada satu platform, seperti jet tempur generasi keenam, namun pada keluarga jaringan dari sistem terpadu. Kombinasi penetrasi dan kemampuan serangan jarak jauh termasuk pesawat tempur, ruang angkasa, cyber dan aset peperangan elektronik.
Apa itu artinya jet tempur masa depan mungkin terlihat lebih seperti node sensor daripada  dogfighters seperti lalu, kata Grynkewich.
Layanan ini saat ini sedang melakukan pra-AOA di Wright Patterson Air Force Base, Ohio, untuk mengeksplorasi teknologi baru dan menuntaskan persyaratan potensial NGAD.
“Mereka sedang melihat semua tradespace dari berbagai atribut termasuk kemampuan mematikan, survivability, jangkauan dan payload, katanya.
Tim yang juga mengevaluasi bagaimana layanan dapat memenuhi persyaratan secepat mungkin. Air Superiority 2030 ECCT menyatakan Angkatan Udara tidak akan mampu membawa jet tempur generasi keenam lebih cepat dari 2040 jika melalui proses pengadaan normal. Dengan menggunakan proses akuisisi yang cepat dan pembangunan paralel, Grynkewich berharap akan membawa pesawat ini satu dekade lebih cepat dari rencana sebelumnya.
Grynkewich mengatakan Angkatan Udara sedang mencoba untuk tidak menggunakan kata “jet tempur generasi keenam” dan memilih menggunakan istilah “Penetrating Counter Air.”
“Anda mulai memiliki argumen atas apa ‘keenam gen’. Apakah ia memiliki sinar laser, apakah itu hipersonik? Seperti apa bentuknya? Itu bukan percakapan yang berguna,”jelasnya. “Percakapan lebih berguna adalah, apa atribut kunci yang kita butuhkan untuk mendapatkan dan mempertahankan superioritas udara pada tahun 2030?”
“Aku sudah mengatakan kepada pilot pesawat tempur selama ini, ‘Hei, itu belum tentu sebuah jet fighter,” katanya. Tetapi dia menambahkan bahwa pesawat akan kemungkinan besar masih menerima “F ” yang merupakan sebutan untuk fighter.
“Seorang pilot pesawat tempur untuk superioritas udara akan mengatakan Anda perlu pesawat 9G, dua ekor, meriam, jarak pendek. Itulah jet tempur. Ini adalah sesuatu yang sedikit berbeda dan memiliki beberapa atribut yang berbeda dalam pikiran saya. “




JT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar